Popular Posts

Website Monitoring - InternetSupervision.com

Pengenalan dan Panduan Google Webmaster Tools


Google Webmaster Tools adalah sebuah alat dan media yang digunakan google untuk berkomunikasi dua arah antara pihak google dan kita sebagai webmaster. Dengan Google Webmaster Tools kita dapat mengoptimalkan proses indexing. Sebagai contoh apakah anda pernah melihat suatu “website yang memiliki halaman yang dalam”, maksudnya dari: Halaman Depan -> Category -> Catalog -> Product 


Dimana halaman product tersebut tidak mendapatkan link dari halaman depan, bot google pasti akan sangat kesulitan mencapai halaman product untuk mengcrawl nya. Nah disinilah salah satu keuntungan apabila kita menggunakan Google Webmaster Tools, khususnya tools yang bernama “Google Sitemap” dan tentunya kalau bisa anda juga Membuat Halaman Web Menjadi Search Engine Friendly, Fungsi lebih lanjut tentang “Google Sitemap” akan saya jelaskan di bawah ini:

1. Google Sitemap

Google Sitemap adalah sitemap yang berisi daftar url website kita
Fungsinya adalah mempermudah bot google untuk masuk dan mengcrawl, halaman halaman yang telah kita sediakan url-nya di atas , Seperti yang telah saya sebutkan tadi di atas, tentang “website yang memiliki halaman yang dalam”, google bot akan sangat kesulitan masuk dan mengcrawl halaman product, nah karena kita sudah menyediakan URL Halaman Product di Google Sitemap maka google bot mudah mencapainya
Komponen dalam Google Sitemap:
  • loc ??? ??? : isi dengan URL anda
  • lastmod ??? : isi dengan tanggal terbaru, formatnya th-bln-hari contoh 2007-10-05
  • changefreq??? : isi dengan frekwensi perubahan ex. always, daily, weekly
  • priority??? : tentukan prioritas antara 0.1 – 1.0
Contoh :

<?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″?>
<urlset xmlns=”http://www.google.com/schemas/sitemap/0.84″>
?<url>
? <loc>http://www.ilmuwebsite.com/</loc>
? <lastmod>2007-10-05</lastmod>
? <changefreq>always</changefreq>
? <priority>1.0</priority>
</url>
<url>
? <loc>http://www.ilmuwebsite.com/sitemap/</loc>
? <lastmod>2007-10-05</lastmod>
? <changefreq>daily</changefreq>
? <priority>1.0</priority>
</url>
<url>
? <loc>http://www.ilmuwebsite.com/gb/</loc>
? <lastmod>2007-10-05</lastmod>
? <changefreq>always</changefreq>
? <priority>0.9</priority>
</url>
</urlset>

2. Robot.txt

60 % pasti anda semua sudah mengetahui Robot.txt ya.. Robot.txt adalah suatu file yang berisi restrict / peraturan yang di tujukan kepada bot / crawler agar tidak mengindek suatu halaman website atau directory atau bahkan seluruh struktur website, tergantung restrict nya, dalam Google Webmaster Tools juga ada Robot validator-nya

3. Link
 
Pada menu link anda dapt melihat daftar inbound link, internal page, dan anda juga bisa melihat seberapa banyak halaman website anda yang telah di index oleh Google


4. Domain Preference

Domain Preference adalah pemilihan awalan dari domain anda apakah menggunakan “www” atau “tanpa www” Domain Preference sangat berpengaruh dalam Search Engine Result Page

5. Crawl Speed

Anda dapat menentukan akan memperlambat atau mempercepat frekwensi google bot datang ke website anda, jika anda menganggap google bot terlalu sering datang dan menghabiskan bandwidth, maka anda dapat menurunkan Frekwensi nya
Masuk ke google webmaster tools anda harus punya Google Accounts, bahasa lain anda paling tidak harus punya Google Email
Ini link nya menuju Google Webmaster tools:
http://www.google.com/webmasters/
atau
http://www.google.com/webmasters/tools/
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengenalan dan Panduan Google Webmaster Tools"

 
Copyright © 2015 bos-it - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top