Banyak orang mengatakan hasil tidaklah penting yang penting adalah
proses. Hal tersebut tidak 100% benar. Karena pastinya setiap orang yang
mempraktikan SEO itu menginginkan kenyataan sesuai dengan harapan. Tapi
yang paling penting lagi adalah mempelajari ilmu yang tepat agar proses
tersebut berjalan sebagaimana mestinya.
Dalam dunia SEO, sebelum Anda bisa memarketingkan brand / produk /
jasa Anda secara maksimal ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Yakni
Keyword Research atau Riset Keyword (kata kunci). Seberapa pentingkah
Riset Keyword ini? Jawabannya adalah sepenting brand / produk / jasa
yang bisa Anda tawarkan kepada yang akan membelinya. Sehingga Riset
Keyword ini membutuhkan waktu khusus yang tidak sebentar, bergantung
seberapa rumit konsep brand / produk / jasa Anda.
Tentunya riset keyword barang yang bisa langsung dipakai jauh lebih
mudah ketimbang riset keyword barang yang harus dipelajari penggunaannya
hingga didapatkan manfaatnya. Contoh ketika Anda menjual boneka
doraemon pastinya jauh lebih mudah ketimbang menjual “kartu belajar
bahasa arab”.
Yang jelas riset keyword ini betul-betul harus dilakukan agar Anda
bisa mengetahui segmentasi pasar. Di samping anda akan mengetahui
keyword apa aja sih yang biasanya di cari orang, tapi secara otomatis
Anda pun akan tahu siapa sih calon pembelinya, apakah ia wanita atau
pria, berapa range usianya, anak-anak, dewasa, orang tua, ataukah kakek
atau nenek, segmentasi berdasarkan pekerjaannya, mahasiswa ataukah
pebisnis, ibu-ibu ataukah bapak-bapak. Sehingga Anda bisa menjual brand /
produk / jasa tepat sasaran. Marketing tepat dan mantap, penjualan pun
melonjak nanjak.
Hasil riset keyword ini bisa Anda terapkan langsung ke dalam blog /
website Anda sehingga website menjadi lebih SEO friendly, selain itu
Anda pun bisa langsung memarketingkan produk Anda berdasarkan hasil dari
riset keyword tadi. SEO friendly adalah sebuah istilah dimana website
Anda akan lebih dikenal oleh search engine sesuai dengan keyword yang
Anda targetkan.
Mulai Riset Keyword
- Langkah pertama, yang harus Anda lakukan adalah tentukan produk Anda. Apakah di bidang makanan, fashion, kesehatan, otomotif, properti, produk yang lain atau mungkin jasa? Misalkan produk Anda itu seputar kesehatan. Yakni Madu.
- Langkah kedua, Anda harus bisa menjabarkan manfaat produk Anda dalam hal ini madu ke dalam beberapa kalimat, sehingga ketika produk ini dimarketingkan maka pasarnya betul-betul tersegmentasi dengan benar. Lagi-lagi yang harus Anda pikirkan adalah, apa yang membuat orang membeli produk Anda, seberapa pentingnya orang mengambil manfaat dari produk/jasa yang Anda jual. Jika madu yang Anda jual maka pastinya Anda tahu betul orang-orang seperti apa yang memanfaatkan madu dan telah mendapatkan khasiat dari madu tersebut. Sehingga berfikir secara fundamental benar-benar amat dibutuhkan. Sebagai contohnya jika Anda menjual madu, maka madu itu kaitannya erat sekali dengan khasiat madu untuk kesehatan maupun khasiat madu dalam menyembuhkan penyakit. Sehingga kata kunci utama adalah kesehatan dan penyakit, belakangan ketika menjual obat itu sangat laris jika menjualnya kepada orang yang terkena penyakit maupun yang ingin mencegahnya. Atau pikiran fundamentalnya yaitu Anda memberikan solusi atas suatu permasalahan. Sehingga orang yang mengalami suatu permasalahan inilah yang menjadi target market Anda. Sehingga keyword untuk madu yang Anda jual paling tidak terdiri dari, khasiat madu untuk kesehatan, dan obat suatu penyakit. Dari sini sudah ketahuan siapa saja yang akan membeli produk Anda, madu. Setelah itu baru kita bisa lanjut meriset keyword menggunakan tools / alat-alat yang bisa membantu Anda.
- Langkah ketiga, disinilah Anda bisa bereksperimen untuk mendapatkan keyword-keyword yang jitu dan ampuh dalam memarketingkan produk Anda tadi. Ada beberapa Keyword Research Tool yang sangat ampuh dalam memberikan suggestion/anjuran keyword-keyword yang bisa Anda gunakan, sebagai contohnya ada Google Keyword Planner, Google Trends, Keyword Tracker dan banyak lagi.
0 Komentar untuk "Belajar Cara Jitu Riset Keyword Untuk SEO"